Food Story

Ini Dia 7 Kuliner Khas Gresik yang Benar-Benar Klasik

Gresik adalah salah satu Kabupaten yang ada di Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan Surabaya dan Selat Madura. Terkenal dengan pabrik semen pertama di Indonesia, yakni Semen Gresik, ternyata Gresik juga menyimpan beberapa kuliner klasik yang berkelas. Apa saja itu?

 

Sego Rumo

Bagi Anda yang mencari sarapan di Gresik dan bingung mau makan apa, silahkan untuk mencoba Sego Rumo. Kuliner gresik yang satu ini adalah nasu putih yang disajikan dengan pincuk daun pisang dan dicampur dengan singkong, kerupuk atau rempeyek, lalu diatasnya ditaburi dengan serundeng dan disiram kuah kental. Wah, terdengar lezat, bukan?

sumber gambar: putratravel.net

 

Nasi Krawu

Tak terlalu berbeda dengan Sego Rumo di atas, Nasi Krawu juga disajikan menggunakan daun pisang yang tentunya membuat semakin nikmat saat Anda menyantap kuliner Gresik yang satu ini.

Nasi yang pulen disajikan dengan semur daging, irisan daging sapi, beserta jeroannya dan sambal terasi. Perpaduan sempurna yang membuat siapapun ketagihan.

sumber gambar: pinterest.com

 

Sego Karak

Tahukah Anda bahwa di zaman dulu, Sego Karak ini dulunya dibuat dari nasi-nasi sisa? Namun, sekarang, Sego Karak menggunakan nasi putih yang dikeringkan kemudian dimasak lagi dengan ketan hitam.

Disajikan bersama dengan tempe goreng, rempeyek dan kerupuk pasti akan memberikan Anda suatu kuliner unik yang belum pernah Anda rasakan sebelumnya.

sumber gambar: gresiknews.co

 

Otak-Otak Bandeng

Untuk kuliner yang satu ini sangat cocok sekali untuk Anda jadikan lauk makan beserta dengan nasi hangat. Anda tak akan sulit untuk menemukan penjual Otak-otak Bandeng di Gresik, kok.

sumber gambar: tokopedia.com

 

Jubung

Jika Anda mencari oleh-oleh dari Gresik untuk orang rumah, maka Jubung adalah pilihan pertama yang harus Anda beli.

Jubung terbuat dari ketan hutam yang diatasnya ditaburi wijen, lalu dibungkus menggunakan kulit pohon pinang. Pasti sudah kebayang rasanya, bukan?

sumber gambar: tokopedia.com

 

Bonggolan

Bonggolan terbuat dari daging ikan yang dicampur dengan tepung kanji, lalu dibungkus dengan daun pisang. Wah, gimana rasanya, ya?

sumber gambar: disparbud.gresikkab.go.id

 

Pudak

Kuliner Gresik yang satu ini terbuat dari tepung beras, gula merah atau gula pasir dan juga santan kelapa yang dibungkus dengan pelepah daun pindah.

sumber gambar: kebudayaan.kemdikbud.go.id