Food Story

Kuliner Asli Banyuwangi yang Bikin Nambah Lagi dan Lagi

Banyuwangi itu adalah salah satu daerah di Jawa Timur yang merupakan surga bagi para traveler. Bagaimana tidak? Tak hanya wisatanya saja yang luar biasa, tapi kulinernya juga menggoda. Lalu, apa saja, sih, kuliner khas Banyuwangi yang wajib untuk dicoba?

 

Pecel Pitik

Anda bisa menemukan makanan ini di penjualnya yang ada di Desa Kemiren, yakni daerah di mana masih menjadi tempat tinggal masyarakat Suku Osing asli Banyuwangi.

Pecel Pitik ini sendiri biasanya dibuat untuk kepentingan adat, yakni berupa ayam kampung yang diurap dengan bumbu dan parutan kelapa. Sebelumnya, daging ayam terlebih dahulu disuwir-suwir kemudian kelapanya juga tak dimasak. Terdengar lezat?

sumber gambar: IG@andreyongz

 

Sego Cawuk

Sego Cawuk ini adalah perpaduan antara nasi dan kuah, lalu ditambah dengan parutan kelapa. Kekhasan atau keunikan dari kuliner Banyuwangi yang satu ini adalah dari kuahnya yang dibuat dari bumbu-bumbu pilihan. Selain itu, ada juga tambahan lauk seperti telur, dendeng, pepes ikan dan masih banyak lainnya.

sumber gambar: IG@kuliner_jember

 

Sego Tempong Mbok Wah

Tempong mempunyai arti tampar, tepat menggambarkan apa yang akan Anda rasakan di sini, dimana lidah Anda akan ditampar oleh rasanya yang luar biasa.

Warung Mbok Wah ini sudah tersohor sejak dahulu kala dan ramai dikunjungi oleh pembeli setiap harinya. Di sini menyediakan ikan-ikan dan olahan seafood lain seperti kepiting dan cumi.

sumber gambar: IG@sialfian18

 

Rujak Soto Mbok Mbret

Mungkin Anda mengernyitkan dahi setelah mendengar rujak dan soto menjadi satu nama kuliner. Jika Anda penasaran seperti apa bentuk dan rasanya, Anda bisa mampir ke warung sederhana Mbok Mbret ini.

Rujak Soto ini cara pembuatannya seperti rujak pada umumnya. Lalu, setelah bahan tercampur semua dengan bumbu rujak, maka tinggal disiram dengan kuah soto yang berisi daging, babat dan telur puyuh.

sumber gambar: IG@dewipw25

 

Sego Bungkus Bu Poer

Sedang di Banyuwangi tapi rindu dengan makanan rumah yang ramah di lidah? Nah, silahkan datang saja ke Warung Bu Poer. Di sini tersedia menu nasi bungkus dengan berbagai lauk pilihan.

Ada nasi putih, nasi jagung, nasi kuning, bahkan nasi merah juga ada, kok. Sedangkan untuk lauknya ada oseng-oseng, ayam goreng, olahan ikan serta gudeg. Walaupun bernama ‘bungkus’ tapi Anda bisa makan di tempat, kok.

sumber gambar: IG@andreyongz