Food Story

Yuk, Saatnya Mencoba 6 Kuliner Khas Bojonegoro Ini

Masyarakat Bojonegoro terkenal masih teguh menjaga serta merawat adat budaya dan juga warisan nenek moyang. Tak terkecuali dengan kulinernya, dimana di sini, Anda bisa dengan mudah menemukan enam kuliner khas Bojonegoro. Apa saja itu?

 

Gethuk Lindri

Memiliki tampilan dan warna yang unik, membuat Gethuk Lindri menjadi makanan yang gampang menggugah selera. Dibuat dengan bahan dasar singkong yang dihaluskan, kemudian dicetak hingga mempunyai bentuk yang mirip seperti mie.

Setelah itu, agar lebih menarik, Gethuk Lindri diberi warna-warna yang eyecatching seperti hijau, kuning hingga merah. Terakhir, saat disajikan Gethuk Lindri akan ditaburi dengan parutan kelapa di atasnya.

sumber gambar: resepkoki.id

 

Nasi Flambe

Bisa dikatakan bahwa nasi yang satu ini merupakan salah satu kuliner yang terkenal di Bojonegoro. Nasi flambe sendiri terbuat dari campuran nasi putih hangat, ayam suwir, telur orak arik, udang goreng, dan sambal terasi.

Ciri khas dari Nasi Flambe ini terletak pada sambal terasinya yang sangat pedas sehingga cocok dipadukan dengan lauk pauk yang ada. Nasi Flambe ini merupakan menu andalan saat makan siang masyarakat Bojonegoro.

sumber gambar: tamanindie.com

 

Balung Kuwuk

Balung adalah tulang, tapi walaupun namanya balung, tapi jangan mengira kalau makanan yang satu ini berbahan dasar tulang-belulang. Kuliner khas Bojonegoro yang satu ini memiliki bahan dasar ketela pohon.

Biasanya, Balung Kuwuk ini dikemas dalam wadah plastik dan diperjual belikan sebagai oleh-oleh khas Bojonegoro. Jadi, saat Anda sedang mengunjungi Bojonegoro, jangan lupa untuk membeli Balung Kuwuk, ya!

sumber gambar: cookpad.com

 

Wader Kali

Wader adalah ikan sungai yang sering ditemukan di sepanjang Sungai Bengawan Solo yang mengalir di wilayah Bojonegoro. Bentuk dari ikan wader ini sangat kecil hanya sebesar ruas jari tangan.

Namun, walaupun bentuknya yang kecil, saat digoreng ikan ini akan menjadi sangat kriuk-kriuk. Di Bojonegoro sendiri, ikan wader biasanya diolah dan disajikan dengan sambal terasi yang lezat.

sumber gambar: iwakkalen.com

 

Wedang Tape

Tape adalah kudapan yang dihasilkan dari proses fermentasi bahan pangan berkarbohidrat dengan ragi. Biasanya tape ini berbahan dasar singkong yang difermentasi. Nah, saat Anda berkunjung ke Bojonegoro,  Anda tak boleh untuk melewatkan salah satu minuman khasnya yang enak dan segar ini.

Sedikit berbeda dengan wedang tape biasa, minuman khas Bojonegoro ini berbahan dasar tape singkong dan ketan hitam yang kemudian dicampur dengan santan panas.

sumber gambar: daridapurdwek