Hints

Cara Membuat Paspor Secara Online

Paspor adalah salah satu dokumen penting yang harus dimiliki seseorang yang ingin berangkat ke luar negeri dan paspor menjadi sangat penting fungsinya bagi para warga negera indonesia yang ingin pergi ke luar negeri dengan berbagai keperluan seperti liburan, menjadi tenaga kerja Indonesia(TKI) atau menjalankan keperluan ibadah umroh. Kini membuat paspor tak akan sesulit dulu, karena dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat pembuatan pasporpun dapat dilakukan secara online.

Menyiapkan Surat-Surat

Syarat pembuatan paspor untuk para warga negara Indonesia yang dilakukan secara online adalah dengan menyiapkan beberapar dokumen seperti kartu tanda penduduk(KTP), kartu keluarga(KK), akta lahir atau akta pernikahan atau buku nikah atau ijazah, surat kewarganegaraan Indonesia khusus untuk orang asing yang jadi warga Indonesia dan bagi yang telah melakukan ganti nama harus ada surat penetapan ganti nama dari pejabat setempat.

Mengisi Data

Mengisi data paspor haruslah dilakukan setelah melengkapi beberapa persyaratan diatas dan fotokopi semua dokumen persyaratannya. Saat ingin membuat paspor secara online anda tinggal masuk pada website resmi www.imigrasi.go.id dan diwebsite anda akan menemukan menu layanan publik, lalu anda lanjutkan dengan masuk halaman layanan paspor online serta anda pilih menu pra permohonan personal yang tertera. Pada saat menu pra permohonan personal ada beberapa informasi mengenai data diri anda yang harus diisi dengan baik seperti nama lengkap anda, jenis kelamin anda, tempat tanggal lahir anda, nomor identitas anda sesuai dengan ktp yang berlaku dan data dokumen lainnya yang diperlukan. Pada saat jenis permohonan pembuatan paspor anda bisa memilih 2 jenis paspor yaitu paspor biasa atau e-paspor dengan jenis papor perorangan yang terdiri dari 48 halaman yang disiapkan untuk umum dan ada juga paspor perorangan yang jumlahnya 24 halaman yang khusus untuk para tenaga kerja Indonesia (TKI) dan para jamaah umroh.

Proses Verifikasi

Setelah proses pengisian data selesai dilakukan maka anda tinggal menunggu email verifikasi pembayaran dari pihak imigrasi yang akan berisi mengenai nama pemohon pembuatan paspor, nomor pemohon, jenis permohonan pembuatan paspor, jenis paspor yang mau dibuat dan biaya pembuatan paspor. Untuk paspor biasa biaya pembuatannya adalah 300rb lebih sedikit sedangkan untuk pembuatan e-paspor biaya yang harus dikeluarkan adalah 600rb lebih. Untuk melakukan pembayaran banyak sekali bank yang bekerja sama dengan pihak imigrasi seperti bank mandiri, bri, bni, bca, cimb niaga, bank permata, bank hsbc dan bank lainnya. Setelah beres melakukan pembayaran di salah satu bank, simpan lah bukti pembayarannya dan segeralah fotokopi lalu lakukan perifikasi pembayaran ke pihak imigrasi melalui link website yang telah dikirim ke email anda. Setelah beres melakukan verifikasi pembayaran segeralah memilih tanggal pengambilan yang sudah tersedia dan nanti pihak imigrasi akan mengirimkan sebuah surat permohonan yang harus anda cetak dan bawa saat anda akan mengambil paspor. Jangan lupa bawa surat kelengkapan lainnya yang sebelumnya telah difotokopi siapa tau nanti akan diperlukan saat pengambilan.

Proses Pengambilan Foto Diri

Saat membuat paspor dilakukan secara online anda hanya perlu datang 2 kali ke kantor imigrasi dan kedatangan anda ke kantor imigrasi haruslah menggunakan pakaian yang rapi karena akan melakukan photo untuk keperluan di buku imigrasi, pengambilan sidik jari dan melakukan wawancara. Jangan lupa juga bawa data yang telah di fotokopi yang dibutuhkan siapa tau ditanyakan serta bawa juga bukti pembayaran yang telah difotokopi untuk verifikasi pembayaran ke pihak imigrasi siapa tau dtanyakan. Setelah proses selesai anda akan diberikan lembar pengambilan paspor yang didalamnya akan menyertakan anda unruk menunggu 3-4 hari agar bisa segera datang kembali untuk melakukan pengambilan paspor yang telah jadi di cetak. Untuk lebih pastinya anda tinggal cek di website resmi imigrasi dan pada menu pra permohonan akan ada informasi dengan status telah selesai yang berarti anda bisa mengambil paspornya.

Itulah ulasan lengkap mengenai cara membuat pasport secara Online. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat dijadikan referensi terbaik dalam mencari pengetahuan mengenai cara bikin paspor.