Trending

Ini Alasan Wisatawan China di Bali Pilih Bayar Overstay

Bali, Meluasnya dampak virus corona di China rupanya menyebabkan wisatawan asal China yang sedang menikmati liburan di Bali memilih memperpanjang ijin tinggal di Indonesia. Sebanyak 76 wisatawan asal China mendatangi Kantor Imigrasi Ngurah Rai untuk memperpanjang ijin tinggal keadaan terpaksa. Para wisatawan ini memilih untuk memperpanjang ijin tinggalnya di Indonesia karena faktor keselamatan.

Wisatawan asal China rupanya takut dengan meluasnya virus yang menyerang saluran pernapasan itu. Seperti diketahui jumlah korban jiwa hingga saat ini mencapai lebih dari 600 orang.

“Wabah (virus corona) di China begitu serius sekarang, maka dari itu saya ingin menjaga keluarga saya dengan tinggal dulu di Bali,” ujar Steven Gru seorang wisatawan China yang telah berada di Bali sejak pertengahan Januari 2020, seperti dikutip dari Reuters.

Menurut Kepala Seksi Informasi Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Ngurah Rai, Putu Suhendar, ijin tinggal dengan keadaan terpaksa memang bisa dilakukan asalkan para pemohon membayar biaya overstay-nya sebesar satu juta rupiah seperti dikutip dari kompas.com (11/02/2020).

“Dia harus bayar overstay-nya dulu, baru bisa diperpanjang dengan izin tinggal keadaan terpaksa, biayanya Rp 1 juta per hari,” terang Putu.

Seperti dikutip dari kompas.com bahwa wisatawan asal China yang bernama Steven Gru berniat kembali ke negaranya akan tetapi mendengar wabah virus corona yang semakin cepat dan massive di China membuat pria ini mengurungkan niatnya.

Gru datang ke Indonesia bersama istri, anak dan orang tuanya. Pria yang berasal dari Jiangsu ini harus rela melewatkan hari raya tahun Imlek di kotanya karena wabah virus corona. Tidak hanya Gru yang harus rela merayakan Imlek di Bali lebih dari 70 an wisatawan asal China harus memperpanjang ijinnya dikarenakan alasan keselamatan.

Menurut pejabat Kementerian Hukum dan HAM kantor perwakilan Bali, Sutrisno, mereka akan membantu ijin perpanjangan wisatawan asal China yang masih ingin berada di Indonesia dikarenakan faktor keselamatan.

“kami perpanjang ijin tinggal mereka sampai satu bulan. Setiap visa on arrival dapat diperpanjang sekali untuk 30 hari,” ujar Sutrisno.