Trending

Pemilik Mie Ayam Tumini Tutup Usia

Yogyakarta, Pemiliki mie ayam tumini tutup usia. Mia Ayam Tumini merupakan mie ayam populer yang ada di Yogyakarta, tepatnya di berada di Jalan. Imogiri Timur nomor 187, Giwangan, Kecamatan Umbulharjo. Mie ayam yang mempunyai cita rasa khas Yogyakarta ini, mempunyai bentuk mie yang lebih besar daripada mie pada umumnya. Kuah kental yang bercampur daging ayam dengan warna kecoklatan dituangkan sebagai toping pada permukaannya. Jika sekilas melihat dari penyajiannya yang sederhana, mie ayam Tumini tidak mempunyai perbedaan dengan mie ayam lainnya.

Ketenaran mie ayam tumini membuat banyak wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta menjadi penasaran untuk mencobanya. Ingin mencoba cita rasa khas Yogya ala resp Bu Tumini. Satu lagi yang yang membuatnya berbeda adalah mie ayam Tumini diproduksi sendiri, sehingga mie ayamnya pun mempunyai ciri khas tersendiri.

30 Tahun Bertahan Hingga Memiliki 2 Cabang

Didirikan pada tahun 1990-an awal mie ayam ini mampu menjual rata-rata 700 porsi dalam sehari. Untuk membuat 700 porsi dibutuhkan 7- kilogram tepung terigu serta 50 kg daging ayam yang digunakan sebagai topingnya. Hingga saat ini mie ayam ini telah memiliki 2 cabang di sekitaran Yogyakarta. Cabang yang dikelola oleh anak ketiga dari Bu Tumini terletak di selatan ring road Giwangan dan Jalan Gejayan.

Berhijab dan bersahaja, bu Tumini pemilik warung Mie Ayam Tumini, Yogyakarta. (Sumber: detik.com)

Tumini dianugerahi lima orang anak, dari kelima anaknya hanya anak pertama, kedua dan ketiga yang menjadi penerusnya. Anak ke empat dan kelima lainnya membuka usaha sendiri-sendiri dan bukan berjualan mie ayam seperti Tumini.

Hanya Menyediakan 3 Mie Ayam

Mie ayam legendaris ini hanya menyediakan 3 varian mie ayam. Mie ayam sawi bagi pecinta sayuran, mie ayam ceker dan mie ayam ektra ayam. Ketiga varian inilah yang akan ditawarkan oleh mie ayam tumini. Namun jangan kuatir, harga yang jual dari masing-masing mie ayam juga tidak mahal. Anda hanya cukup merogoh kocek IDR. 15.000 sampai IDR.20.000 untuk satu mangkunya, bergantung dari mie ayam yang Anda pilih. (Gandhi)